Translate

Sunday 14 October 2012

Contoh Profil Wirausahawan #2


Nama :Bob Sadino
Lahir :Tanjungkarang, Lampung, 9 Maret 1933
Agama :Islam

Pendidikan :

-SD, Yogyakarta (1947)
-SMP, Jakarta (1950)
-SMA, Jakarta (1953)

Karir :

-Karyawan Unilever (1954-1955)
-Karyawan Djakarta Lloyd, Amsterdam dan Hamburg (1950-1967)
-Pemilik Tunggal Kem Chicks (supermarket) (1969-sekarang)
-Dirut PT Boga Catur Rata
-PT Kem Foods (pabrik sosis dan ham)
-PT Kem Farms (kebun sayur)

Bob Sadino (Lampung, 9 Maret 1933), atau akrab dipanggil om Bob, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick.

            Ketika berumur 19 thn, orang tuanya meninggal dan mewarisi semua harta peninggalannya. Kemudian sebagian hartanya dihabiskan untuk berkeliling dunia. Ia singgah di Belanda dan menetap selama 9 tahun. Ia bekerja di Djakarta Lylod (Amsterdam dan Jerman). Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.

            Pekerjaan yang pernah dilakoni antara lain; menyewakan mobil Mercedes dan menjadi sopir, tukang batu, ternak ayam, penjual telur dengan pelanggan mayoritas orang asing, pemilik tunggal super market (pasar swalayan) Kem Chicks. Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Baginya uang bukan yang nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang.

            Proses keberhasilan Bob berbeda dengan kelaziman, mestinya dimulai dari ilmu, kemudian praktik, lalu menjadi trampil dan profesional. Menurut Bob, banyak orang yang memulai dari ilmu, berpikir dan bertindak serba canggih, arogan, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain. Sedangkan Bob selalu luwes terhadap pelanggan, mau mendengarkan saran dan keluhan pelanggan. Bob menempatkan perusahaannya seperti sebuah keluarga. Semua anggota keluarga Kem Chicks harus saling menghargai, tidak ada yang utama, semuanya punya fungsi dan kekuatan.

No comments:

Post a Comment